Grobogan – Untuk melatih mental, karakter dan jiwa kepemimpinan khususnya bagi Pengurus OSIS dan Pengurus kelas MTs Negeri 1 Grobogan mengadakan Program Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Program yang sudah menjadi agenda rutin setahun sekali, untuk membekali Pengurus OSIS dan pengurus kelas yang baru di lantik beberapa waktu lalu. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang selalu diadakan di kompleks Candi Gedong Songo Bandungan Semarang, kali ini LDK dilaksanakan di markas tentara Yonif 408 Suhbrasta Sragen. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, yaitu tanggal 17 sd 19 November 2018 yang diikuti oleh 124 peserta dari siswa MTs Negeri 1 Grobogan.

Menurut Kepala MTs N 1 Grobogan Moh. Muchlis, Latihan dasar kepemiminan adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini merupakan kegiatan penyerahan pengurus osis lama kepada calon pengurus OSIS baru, pelatihan dasar bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari madrasah. Sehingga MTsN 1 Grobogan bekerja sama dengan Yonif 408 Suhbrasta Sragen ini adalah agar hasil LDK kali ini lebih maksimal.

“Dengan bekerjasama dengan tentara, termasuk pelaksana dan para tutornya dari tentara harapannya adalah agar tingkat kedisiplinan, pengembangan karakter, mental dan jiwa kepemimpinan para peserta akan terbentuk dengan lebih maksimal,”ungkap Muchlis.

Berdasarkan pantauan beliau, Sebelum peserta diberangkatkan ke Sragen, mereka sudah dibekali dulu dengan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) di madrasah yang berlangsung selama 3 hari saat sore hari di luar jam pelajaran. Para pelatinya juga dengan mendatangkan anggota Koramil 14 Gubug Kabupaten Grobogan.

“Di tahun ini yang melatih tentara, maka peserta lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam latihan. Berbeda ketika tahun lalu yang melatih seniornya sendiri, berhasilnya agak lambat meskipun waktu latihannya lebih dari tiga hari. Dan dengan dilatih oleh tentara dalam PBB, ternyata para peserta LDK cepat bisa dan terjadi perubahan mental serta karakter para peserta yang cukup signifikan sebelum, saat pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan. Anak-anak menjadi semakin tertib, disiplin, mudah diatur, dan bertanggung jawab saat diberi tugas oleh gurunya,”jelasnya.

Materi yang diberikan dalam LDK tersebut antara lain Kepemimpinan, Permildas, Pengenalan HR dan Senjata, Out Bond, Renang, Jelajah Malam, dan Api Unggun. Meskipun jadwal sangat padat, tetapi siswa sangat antusias dan senang dalam mengikuti kegiatan tersebut dan tidak ada satupun yang sakit. Kegiatan tersebut dibimbing oleh 14 personil tentara dari Yonif 408 Sragen dan dan didampingi oleh 5 orang guru dari MTs Negeri 1 Grobogan.

“Kami sangat puas dengan hasil LDK kali ini. Semoga hasil LDK tahun ini akan membawa manfaat khususnya pagi para peserta, dan berdampak positif bagi kemajuan madrasah,”pungkasnya. (Sis/bd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here