Market Day Ajarkan Peserta didik Jiwa Enterpreneur dan tumbuhkan kreativitas peserta didik

Market Day Ajarkan Siswa Jiwa Enterpreneur dan tumbuhkan kreativitas peserta didik

0
633

Pendidikan karakter di sekolah adalah untuk membentuk karakter dan kepribadian seseorang sehingga menjadi orang yang memiliki nilai moral yang tinggi, bertoleransi, berperilaku baik, dan berakhlak mulia. Dalam mengisi kegiatan selepas penilaian akhir semester genap, MTsN 1 Grobogan memilih kegiatan salah satunya yaitu market day pada hari sabtu 11 Juni 2022 yang diikuti seluruh siswa kelas 7 dan 8. Kegiatan ini berupa menjual makanan dan minuman, yang mana salah satu makanannya berbahan baku singkong, yang diambil dari ladang kebun madrasah, ini merupakan tindak lanjut dari sekolah adiwiyata. Market day mendidik anak mengembangkan jiwa enterpreneur, keterampilan hidup, dan juga sekaligus penguatan karakter siswa.

Market day yang dimulai pukul 07.30 WIB ini ramai dikunjungi oleh guru dan peserta didik, sebelumnya semua peserta didik dan guru melaksanakan jalan sehat bersama di lingkungan sekitar madrasahh. Waka kesiswaan Khoeroni menjelaskan, diawali dari jalan sehat yang diikuti seluruh peserta didik dan guru-guru kemudian dilanjutkan kegiatan market day yang mana tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dijelaskan pula oleh Kepala MTs Negeri 1 Grobogan, H. Suyitno, S.Pd, kegiatan market day diselenggarakan sebagai bentuk aplikasi kolaborasi dari beberapa mata pelajaran dan tindak lanjut dari madrasah adiwiyata serta perwujudan dan aplikasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Ada nilai religius, siswa dilatih untuk melakukan nilai-nilai kejujuran dalam proses jual beli sampai dengan laporan perolehan hasil.
Wujud sikap mandiri dan gotobest human hair wigs online nike air max 95 nike air max plus custom team jerseys adidas yeezy boost 700 nike air jordan mid sex toys and lingerie nike air max 95 men new york nfl teams new nfl uniforms 2022 cheap sex toys custom mlb jerseys adult sex toys adidas yeezy shoes design your own jersey ng royong, anak-anak diberi kebebasan untuk mempersiapkan lapak, memilih, dan menjajakan barang dagangannya. Madrasah hanya memberi bahan baku berupa singkong yang diambil dari kebun madrasah serta rambu-rambu bahwa yang dijual dalam bentuk jajanan makanan dan minuman yang sehat dan tidak mengandung banyak bahan pengawet dan penyedap rasa.

“Terima kasih kepada seluruh dewan guru yang telah menjadi mentor kewirausahaan bagi para peserta didiknya, semoga terus semangat. Semoga anak-anak kita menjadi riang dan terlatih untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam bidang entrepreneur”, H. Suyitno, S.Pd.

https://www.youtube.com/watch?v=IVEHAmA8BLE