MTsN 1 Grobogan Gelar IHT Kurikulum Merdeka

0
44

Dalam rangka menyambut Tahun pelajaran 2022/2023, MTs Negeri 1 Grobogan  menyelenggarakan In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka pada tangal 6-7 Juli 2022 bertempat di ruang guru MTsN 1 Grobogan. Kegiatan ini merupakan deseminasi dari beberapa guru yang sudah mengikuti bimbingan teknis kurikulum merdeka di hotel kryad purwodadi yang diselenggaran oleh KKM MTs Grobogan. Kemudian menularkan kepada guru-guru rekan sejawat.Acara ini merupakan persiapan menuju pemberlakuan kurikulum merdeka di tahun ajaran baru mendatang. Materi IHT : 1. Penjelasan KTSP dan KOSP 2. Review Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah 3. Pengenalan Struktur Kurikulum Sekolah 4. Implementasi Kurikulum Merdeka 5. Pengenalan dan Penyusunan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) 6. Pengenalan dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka 7. Prosedur Pembuatan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 8. Prosedur Pembuatan Modul Ajar 9.Prosedur Pembuatan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kepala MTsN 1 Grobogan, H. Suyitno, S.Pd. menyampaikan dalam sambutannya melalui IHT ini bapak dan ibu guru dapat lebih memahami tentang apa itu kurikulum merdeka dan cara pengimplementasiannya. Sehingga sekolah dapat mengambil keputusan bersama tentang kurikulum yang akan dilaksanakan di tahun pelajaran yang baru nanti.

IHT dengan tema “Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru MTsN 1 Grobogan” diikuti oleh seluruh guru dan karyawan MTsN 1 Grobogan dengan tertib dan antusias menyambut perubahan kurikulum baru. Tujuan umum IHT implementasi merdeka belajar dalam penyusunan perangkat pembelajaran adalah meningkatkan kompetensi peserta didik dengan penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi  pembelajaran sesuai dengan program dan kebijakan merdeka belajar.

Pada hari pertama IHT penyajian materi oleh Bapak Sisnodo, M.Pd dan Bapak Karsono, S.Pd., M.Si. memaparkan tentang kurikulum merdeka beserta dengan karakteristik & prinsip  kurikulum merdeka serta kelebihannya dibandingkan dengan kurikulum terdahulu. Adapun prinsip Kurikulum merdeka yaitu bertahap, kemerdekaan, dukungan, berbagi, dan kolaborasi.  IHT hari ini diakhiri dengan sesi tanya jawab berkaitan dengan kurikulum merdeka. Hari ke dua pembagian tugas mengajar oleh Ibu Bapak H. Edi Sutopo, M.Pd dan Bapak H. Ali Mahsun,S.Pd., M.Pd selaku Waka Kurikulum dan review KOSP sesuai dengan profil pelajar pancasila

Semoga program In House Training: Implementasi Kurikulum Merdeka di MTsN 1 Grobogan dapat memberikan wawasan terkait kurikulum merdeka serta meningkatkan kesiapan bapak dan ibu guru dalam menyambut penerapan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran 2022/2023.